28 Juli 2016

Mengurus Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) setelah "lulus" dari kantor

Oke, lanjut cerita..

Cuma pindah lokasi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Depok di Ruko ITC, aku pun kembali meluncur lincah (alah) ke depan kantor yang sudah kulihat dari kejauhan. Seperti biasa, alangkah lebih baiknya bertanya dahulu daripada sotoy. Dan selalu ada bapak satpam yang siap memberikan pengarahan sebagai jawaban orang awam seperti saya. Pas baru turun motor dan pak suami cari parkir, saya melangkah ke depan pintu BPJS Ketenagakerjaan. Suasana ramai, banyak orang berdiri di depan pintu, ga boleh masuk kayanya, hihi, iya dijagain gitu sama 2 orang satpam. Bertanyalah orang awam ini ke salah satu pak satpam itu.
"Pak, saya mau ngurus JHT", Saya.
"Sudah ada lengkap belum pendaftarannya? Daftar dulu ke sebelah. kalau sudah lengkap baru masuk kedalam", sambil si pak satpam nunjuk ke depan ruko sbelah.

Ternyata, di depan ruko sebelah ada meja dimana ada 2 orang Bapak-bapak senior ber-nametag yang duduk dan memeriksa berkas-berkas peserta yang mau ngurus JHT. Nah saya samperin dong. Tapi terus langsung di skak mat, "sudah ada surat keterangan perusahan untukj dinkes belom?", "Maksudnya Pak?", "Nih seperti ini contohnya, pakai kop surat perusahaan ya", kemudian nydorin kertas yang berisi contoh format surat keterangan pernah bekerja kaya dibawah. Kemudian aku mikir, kan udah ada surat keterangan dari HRD perusahaan masa ga cukup? "Pak, Saya udah ada surat keterangan ini dari perusahaan, memang ngga cukup?","Iya, ada peraturan baru per September 2015 kalau format surat keterangan harus seperti ini. Kamu kantornya dimana Mbak? Bisa minta surat nya sekarang? Saya tunggu sampai jam 12 siang ya", "Oh gitu ya Pak, saya baru tau, soalnya saya baru mau ngurusm tapi resign nya sudah dari tahun lalu. Kantor nya deket sih Pak, di TB Simatupang, kalo bisa sih saya urus sekarang juga","yaudah bagus itu". Kemudian gw bingung dan ngeloyor pergi nemuin suami di parkiran motor. Sung inisiatif minta anter suami ke kantor lama, dan dia mengiyakan walopun dengan muka nolak. Haha. Sambil ngutak ngatik hp coba menghubungi teman HRD di kantor lama, tapi ga ada yang nyambung, huft. Kemudian saya dapat ilham! haha. "Yank, aku tuh tadi udah nyamperin bapak-bapak disitu, katanya aku kurang surat keterangan perusahaan yang ditujukan untuk dinkes, nah formatnya dia ngasih liat, aku bingung nya dia bilang per 1 september 2015 itu format paling baru. Padahal aku udah kasih tau kalo aku resign nya juli 2015. Malah disuruh balik lagi dengan surat baru. Tolong tanyain dong.. emang aku harus ikutin syarat baru itu. Kan resign nya Juli 2015 sebelum september 2015.", kemudian suami pun pergi nyamperin 2 Bapak tadi dan kembali dengan lega. "Ngga kok, kamu udah bisa ngajuin, Bapak tadi mungkin ngga ngeh waktu resign nya kamu makanya disuruh bikin ulang", oalah yauwes, untung suami udah nanyain dengan jelas, kalo aku yang nanya bisa pakje senewen denger jawabannya. Hehe. Nah jadi rupanya, kaya gini nih surat referensi dair perusahaan atau surat keterangan bekerja yang menjadi format aturan baru salah satu syarat kalim JHT. Cekidot !



Setelah yakin udah lengkap syaratnya, aku pun kembali ke tempat 2 Bapak tadi, di cek kembali dan dikasih form yang harus diisi. Setelah diisi baru deh di verifikasi lagi sama beliau dan di tandatangan. Dikasih map sama beliau dan disuruh kumpulin ke satpam di depan pintu. Nunggu dipanggil satpam baru boleh masuk, karena rupanya didalem tuh penuh banget orang yang lagi nunggu alias ngantri, jadi kalo sudah agak kosong baru deh 10 orang baru boleh masuk. Bagus sih, biar ngga bejubel. Di dalem adem, walopun semua bangku penuh keisi yang lagi nunggu panggilan CS. Beda banget sama di luar yang panas terik, hehe. Aku doang yang masuk, pak suami nunggu di luar. Nah pas masuk ngga lantas dapet nomor antrian. Tapi kudu nunggu lagi dipanggil nama nya sama pelayanan pelanggan, setelah dipanggil kita akan diinfokan kelengkapan berkas dan data serta total saldo JHT Jamsosteknya, kemudian dikasih nomor antrian ke CS untuk proses klaim nya. Yaudahlahya, sabar aja nungguinnya.

Waktu menunjukkan pukul 12 kurang 15 dan akhirnya saya dipanggil. Karena saya melakukan klaim untuk 2 kartu jamsostek sekaligus makanya saya disuruh ngisi form persetujuamn penggabungan dana untuk transfernya. Nah alhamdulillah nya ngga nyangka ya hasil dari potong gaji 2% saldo nya cukup besar. Rejeki calon debay nih, celetuk dalam hati. Nah, dana akan di transfer paling cepat 7 hari kerja paling lama 15 hari kerja. Kalau nominal diatas 2 juta akan dilakukan transfer sedangkan dibawah 2 juta bisa secara tunai. 1 form itu bisa untuk klaim beberapa kartu dan hanya butuh 1 rangkap berkas.

Berikut syarat-syarat berkas untuk klaim JHT Jamsostek :

1. Kartu Jamsostek asli
2. KTP (copy & asli)
3. KK (copy & asli)
4. Surat keterangan bekerja dari perusahaan  (copy & asli) untuk yang resign per 1 september kesini, harus pakai format diatas ya.
5. NPWP  (copy & asli) untuk saldo diatas 40juta
6. Materai 6000
7. Copy nomor rekening buku tabungan

Gampang dan ngga ribet kok, mari kita tunggu transferan nya masuk lalu bersenang-senang. Haahaahaa.. Selamat mencoba. Lumayan loh itu kan hak kita.


4 komentar:

  1. ini yang JHT yang bisa diambil berapa % nya itu yak? 10 atau 15% kalau ga salah. Pada ngambil juga tuh temen2. Saya belum Mbak...

    BalasHapus
  2. ini yang JHT yang bisa diambil berapa % nya itu yak? 10 atau 15% kalau ga salah. Pada ngambil juga tuh temen2. Saya belum Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dana JHT biasanya hasil pemotongan 2% gaji mba. Yg bisa di klaim yaa 100%. Ya kalo masa kerja nya lama jumlahnya lumayan loh. Itu kan bagian dari hak kita juga setelah resign atau pensiun.

      Hapus
  3. aku juga sudah klaim dana jht 100% mba, gampang gak pake ribet :)

    BalasHapus

Hai.. Terimakasih sudah mampir,
jangan lupa jejak komentarnya ya..

Ciao :)